2 Masalah Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kamu Membuka Usaha

107
- Advertisement -

RINTISANSTARTUP.com — Hallo teman-teman! Apa kabar? Sehat dan tetap semangat ya pastinya!

Kali ini Rintisan Startup mau sharing sedikit tentang masalah. Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya. Begitu juga dengan seorang pengusaha ataupun calon pengusaha. Selalu ada masalah didalamnya. Bahkan mungkin lebih banyak masalah dibandingkan orang pada umumnya.

Terbentuknya sebuah masalah ini merupakan hal yang wajar bagi kamu yang sedang berjuang membangun usaha. Karena itu adalah merupakan sebuah proses.

- Advertisement -

Biasanya ada 2 masalah yang dihadapi oleh seorang calon pengusaha. Pertama adalah masalah dalam dirinya, kedua adalah masalah diluar dari dirinya.

Masalah Dalam Diri

Masalah didalam diri ini sangatlah beragam, tergantung dari masing-masing orangnya. Apa aja masalah yang biasanya dihadapi? Untuk masalah dalam diri biasanya indikator paling mudah untuk mengetahuinya, mereka selalu berkata “saya” ditambah “kata negative” pada dirinya.

BACA JUGA:  Beberapa Istilah Akuntansi yang Harus Diketahui Pebisnis

Contohnya saya malu, saya gak pede, saya gak fokus, saya malas, saya gak bisa jualan, saya belum siap hari ini dan seterusnya.

Jika kamu pernah mengalami itu, maka selamat kamu harus berjuang untuk memperbaiki diri kamu. Karena kamu tidak akan pernah bisa maju dan berkembang sebelum kamu bisa menyelesaikan masalah itu.

Bagaimana tidak, kamu ingin menjadi seorang pengusaha sukses, tapi kamu tidak bisa jualan. Tidak bisa meyakinkan pelanggan karena diri kamu kurang pede.

Ya terus mau gimana? Tentu saja kamu harus bisa berdamai terlebih dulu dengan diri kamu, baru kamu bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

Caranya gimana? Latihan dan bekerja keras. Jika kamu tidak pede, malas, malu, takut, coba kamu fokus melatih untuk lebih berani, rajin, dan percaya diri. Lakukan setiap hari jangan sampai putus minimal sampai 21 hari. Ini akan melatih mental juara kamu.

BACA JUGA:  Ini Usia Paling Ideal untuk Memiliki Kartu Kredit

Masalah Diluar Diri

Masalah diluar diri ini umumnya adalah masalah teknis, masalah lingkungan, dan masalah-masalah yang datangnya dari luar diri kita.

Setelah kamu bisa berdamai dengan diri kamu sendiri dan bisa menguasai diri kamu sendiri, baru kamu mulai melangkah untuk belajar menaklukan masalah yang terdapat diluar diri kamu. Seperti saya gak punya relasi, saya gak ngerti caranya negosiasi, dan sebagainya.

Bagaimana cara mengatasinya? Kamu cukup cari yang ahli dibidang itu, kamu deketin dia, kemudian belajarlah darinya. Perbaiki lingkungan hidupmu, jangan sering-sering bergaul dengan teman yang tidak ada manfaatnya untuk masa depan kamu.

Bukan berarti kamu tidak boleh berteman dengan mereka, tapi usahakan kamu selalu berada di lingkungan yang satu frekuensi dengan tujuan hidup kamu. Karena itu akan mempercepat kamu menuju tujuan hidup kamu. Lingkungan itu sangat mempengaruhi.

BACA JUGA:  Tak Disangka, Beberapa Aset yang Kamu Punya Bisa Mengundang Rupiah!

Masalah dalam diri dengan masalah dari luar diri ini sangat saling berkaitan. Kamu tidak akan bisa mempelajari lebih dalam masalah dari luar diri jika kamu belum bisa menguasai masalah dalam diri kamu.

Jadi yang paling utama adalah kamu harus bisa mengendalikan dan berdamai dengan diri kamu dulu. Baru kamu mulai melangkah maju belajar lebih dalam hal-hal yang berada diluar dari diri kamu.

Kurang lebih demikian sharing kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa share artikel ini ke teman, sahabat atau keluarga yang satu frekuensi dengan kamu, agar mereka mendapatkan manfaat yang sama.

Semoga bermanfaat ya, Sobat!

Gilang Romadhon
Founder Rintisan Startup

Komentarin Lewat Facebook
- Advertisement -