Beberapa Istilah Akuntansi yang Harus Diketahui Pebisnis

134
Beberapa Istilah Akuntansi yang Harus Diketahui Pebisnis
- Advertisement -

RINTISANSTARTUP.com — Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai bahas bisnis. Ada beberapa istilah yang harus dipelajari untuk kamu para pebisnis! Mau tau? Yuk, berkenalan dengan beberapa istilah berikut!

Active Income

Active income atau pendapatan aktif adalah istilah yang digunakan untuk pendapatan yang diperoleh dari hasil kerja kamu sehari-hari. Sederhananya ketika kamu bekerja misal sebagai karyawan atau pegawai dan lain-lain, maka kamu akan mendapatkan pendapatan. Nah, ketika kamu berhenti bekerja maka pendapatan itupun akan berhenti mengalir ke kantongmu. Kamu perlu bekerja terus menerus agar pendapatan itu terus mengalir ke kantongmu.

Passive Income

Passive Income atau pendapatan pasif adalah istilah yang digunakan untuk pendapatan yang kamu terima tanpa perlu aktif bekerja. Sederhananya kamu tetap menerima pendapatan secara teratur dan terus menerus meskipun kamu tidak bekerja didalamnya. Pendapatan itu secara konsisten mengalir ke kantongmu.

BACA JUGA:  Gak Punya Modal? Kamu Bisa Terapkan Cara Ini Pada Bisnis Kamu
- Advertisement -

Setiap orang tentunya ingin mendapatkan pendapatan tanpa perlu bekerja terus menerus. Apalagi jika semua kebutuhan keluarga tercukupi. Bukankah itu suatu kebahagiaan yang tak ternilai? Kamu terus mendapatkan pendapatan tanpa perlu aktif bekerja, semua kebutuhan keluarga tercukupi, tidak terikat waktu artinya kamu bebas pergi kemana saja dan melakukan hal yang kamu sukai tanpa dikejar-kejar oleh tuntutan pekerjaan dari atasan, apalagi jika kamu masih muda, bukankah itu suatu hal yang sangat ideal? Kamu bisa memikirkan hal yang lebih strategis lainnya.

Lalu, kira-kira bagaimana caranya agar saya bisa memiliki Passive Income?

Nah, sebelum membagikan cara ala Rintisan Startup. Simak istilah berikut ini ya, Sobat!

BACA JUGA:  Pasangan Baru, Beli Rumah atau Ngontrak?

Aset

Aset atau aktiva, menurut Robert Kiyosaki adalah nilai kekayaan yang memberikan penghasilan ke kantongmu. Apapun nilai kekayaan itu!

Liabilitas

Liabilitas merupakan nilai kekayaan yang mendatangkan pengeluaran secara finansial. Maksudnya bagaimana, ya? Sederhananya, Liabilitas itu adalah pengeluaran.

Rintisan Startup berikan contoh, ya. Misalnya seseorang memiliki rumah atau mobil atau motor pribadi. Apakah itu Aset atau Liabilitas? Tergantung. Lho kok bisa? Bisa, dong. Tapi, jika rumah, mobil, atau motor mendatangkan pengeluaran bagi pemiliknya, maka itu adalah Liabilitas. Misalnya, pengeluaran untuk rumah dapat berupa biaya listrik, biaya air, dan lain-lain yang dibayarkan tiap bulan.

Pengeluaran untuk mobil atau motor misalnya biaya perawatan per bulan, pajak, perpanjangan, ganti plat, dan lain-lain. Itu semua adalah Liabilitas, bukan Aset. Lalu, Aset itu bagaimana? Aset itu jika rumah, mobil atau motor yang kamu miliki mendatangkan pendapatan. Caranya bagaimana, ya?

BACA JUGA:  Ini Usia Paling Ideal untuk Memiliki Kartu Kredit

Next Article akan kita bahas ya, Sobat!

Komentarin Lewat Facebook
- Advertisement -