Belum Kenal Robert Kiyosaki? Ini Kesuksesan dan Karyanya!

145
Robert Kiyosaki
- Advertisement -

RINTISANSTARTUP.com — Robert Kiyosaki adalah seorang lelaki kelahiran tahun 1947 dan dibesarkan di Hawaii. Kiyosaki kemudian menjadi terkenal lewat karya-karya tulisnya. Beberapa buku yang ditulisnya bahkan menjadi 10 buku terlaris secara berkesinambungan menurut The Wall Street Journal, USA Today, dan New York Times. Nah, karya tulis itulah yang mengantarkan Kiyosaki pada kesuksesan dan membuat uang bekerja untuknya. Saat ini Kiyosaki merupakan pengarang buku terlaris, lho.

Lalu, ِِApa Saja Karya Robert Kiyosaki?

Buku pertama yang ditulis dan diterbitkan sendiri oleh Kiyosaki adalah karyanya yang paling fenomenal. Karya ini merupakan bagian tentang motivasi. Pada karya inilah banyak pundi-pundi materi atau kekayaan berdatangan.

Karya Kiyosaki yang paling dikenal adalah buku-bukunya. Dengan kelihaiannya, Kiyosaki telah menulis belasan buku dan telah terjual lebih dari 26 juta eksemplar secara akumulatif. Wow! Walaupun awalnya Kiyosaki memulainya dengan menerbitkan sendiri, tapi dengan kerja kerasnya kemudian diterbitkan oleh Warner Books, sebuah perusahaan penerbitan buku yang cukup terkenal di Amerika Serikat.

BACA JUGA:  Sulthon Al’Idhel, Pengusaha Suksesan Walaupun Lumpuh!

Apakah yang Diajarkan Robert Kiyosaki?

- Advertisement -

Kiyosaki membawa ajaran untuk fokus pada menghasilkan passive income. Maksudnya adalah menjadi investor dengan berinvestasi pada bisnis mulai dari bisnis kecil hingga besar seperti real estate. Kiyosaki menekankan untuk menjadi seorang yang kaya maka pengaturan keuangan dengan benar merupakan bagian yang sangat penting, lho.

Kiyosaki memperkenalkan konsep Cashflow Quadrant yang menjelaskan tempat sumber uang didapatkan serta aktivitas utama cara mendapatkannya. Berikut Rintisan Startup bagikan ringkasannya, ya.

Kuadran E: Employee

Seorang karyawan yang bekerja pada orang lain atau pemilik usaha. Artinya, karyawan itu berada pada kendali bosnya.

Kuadran S: Self Employed

Seseorang memiliki pekerjaan sekaligus menjadi bos bagi dirinya sendiri. Artinya ia sedang merintis usahanya sendiri, meski cukup terseok-seok.

Kuadran B: Business Owner

Seseorang memiliki sebuah sistem atau cara untuk mendatangkan uang dan memiliki karyawan yang bekerja untuknya. Nah, yang ini sudah expert, ia bisa memikirkan hal yang lebih strategis karena hal teknis sudah dikerjakan karyawannya. Enak, ya!

BACA JUGA:  Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia 2019

Kuadran I: Investor

Mengeluarkan uang untuk keuntungan yang lebih besar dari investasi atau penanaman modal yang dilakukannya. Kalau yang ini, kamu harus memiliki modal yang cukup besar diawal dan kamu tidak harus bekerja.

Kiyosaki menuliskan bahwa jika seseorang berada pada kuadran E atau S maka orang tersebut tidak akan pernah menjadi kaya. Sebaliknya, jika seseorang berada pada kuadran B atau I maka orang tersebut sudah berada di jalan menuju kaya.

Kiyosaki telah membuka wawasan banyak orang, dan tak sedikit pula yang mengkritik karyanya. Sebuah penelusuran oleh pemerintah AS sendiri mengungkapkan bahwa sebenarnya Kiyosaki sebelumnya tidak terlalu berhasil seperti sekarang ini sebelum ia menjual karyanya. Ini artinya, Kiyosaki menjadi kaya justru karena menjual buku-bukunya, bukan karena melakukan apa yang ditulisnya.

BACA JUGA:  Rahasia Sukses Nadiem Makarim di Bisnis GoJek

Kiyosaki hanya menuliskan kata-kata berupa motivasi yang menyenangkan dan inspiratif untuk dibaca. Kiyosaki melalui beberapa buku motivasinya mencoba untuk membuka pikiran pembaca tentang sebuah kesempatan, namun tidak menuliskan cara melakukannya.

Meski begitu, terlepas dari benar atau salah, baik atau buruk yang diajarkan Kiyosaki, setidaknya dapat diambil pelajaran sederhana yang bermanfaat, yaitu: menggugah orang lain untuk berpikir kreatif mengenai uang dan membuka peluang bisnis lama yang dipopulerkan kembali seperti seminar atau training motivasi.

Artikel ini ditulis hanya untuk mengetahui cara sukses Kiyosaki dan bagaimana uang bekerja untuknya. Artikel ini bertujuan untuk memberikan sudut pandang lain tentang cara memperoleh uang dan kesuksesan duniawi, bukan untuk mempromosikan buku-buku Kiyosaki, ya! Tidak ada salahnya untuk membaca buku-buku karya Robert Kiyosaki atau penulis manapun.

Jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya ya, Sobat!

Komentarin Lewat Facebook
- Advertisement -