Gak Punya Modal? Kamu Bisa Terapkan Cara Ini Pada Bisnis Kamu

Dan kita sama-sama tau salah satu cara agar bisnis kita bertumbuh adalah dengan kuatnya jaringan relasi yang kita punya.

150
- Advertisement -

RINTISANSTARTUP.com — Hallo teman-teman apa kabar? Tetap sehat dan semangat ya pastinya!

Oke, jadi gini. Ada beberapa orang yang bertanya melalui akun @rintisanstartup dan akun @gilang.romadhonn.

“Min, gimana caranya buka bisnis tanpa modal?”

- Advertisement -

“Min, saya udah punya konsep bisnis yang mantap, semua perencanaanya udah oke, tapi saya bingung buat cari Investornya kayak gimana?”

“Min, usaha yang cocok buat anak SMA apa ya? Secara kita kan masih minim modal banget”

Dan masih banyak lagi pertanyaan yang serupa.

Modal Gak Selalu Uang

Pertama yang harus kamu pahami adalah modal itu gak selalu harus dalam bentuk uang. Ingat! Uang hanyalah alat. Jadi, usahakan jangan terlalu money oriented belum apa-apa udah uang, dan uang.

Modal utama yang kamu pasti punya adalah kesehatan, tenaga dan otak kamu itu loh untuk berpikir. Setelah punya ketiga itu baru kamu coba konversikan dalam bentuk lain.

Era Digital

Kita hidup di zaman yang serba digital. Dimana setiap orang sangat mungkin untuk berbagi cerita, berbagi foto, berbagi informasi dan sebagainya.

BACA JUGA:  Cara Menghasilkan Uang Walau Kamu Sedang Tidur!

Disinilah peluangnya. Selagi kamu masih bisa membaca tulisan ini entah dari smartphone ataupun dari desktop kamu. Itu tandanya kamu juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa melakukan ini.

Buat akun media sosial untuk mengkomunikasikan bisnis kamu! Sekali lagi buat akun medsos, ini adalah cara terbaik, termudah, termurah yang hampir semua orang bisa melakukannya.

Entah bisnismu sudah berjalan, ataupun masih dalam bentuk rancangan. Buat dulu aja akun medsosnya.

Akun medsos ini adalah bertujuan untuk mengumpulkan calon customer kamu dalam satu wadah. Caranya adalah dengan mengedukasi calon pelanggan kamu dengan membuat konten yang bermanfaat dan interaktif.

Setelah Punya Followers Lalu Apa

Setelah akun medsos kamu memiliki pengikut yang banyak, ini akan menjadi modal kamu untuk mewujudkan cita-cita awal kamu, yaitu membangun usaha atau bisnis yang sudah kamu rencanakan.

BACA JUGA:  Bosan Jadi Karyawan? Ini Tips Memulai Usaha Sendiri

Kamu bisa menawarkan model bisnis yang kamu punya ke seorang investor, dengan embel-embel kamu sudah memiliki market potential yang ada di akun media kamu.

Investor akan lebih tertarik untuk bekerja sama dengan kamu, daripada kamu datang dengan hanya membawa ringkasan catatan doang.

Gak punya Co-Founder atau pekerja yang kompeten yang bekerja dengan hati? Kamu bisa membuat pengumuman di akun medsos kamu bahwa kamu membutuhkan seorang Co-Founder atau kamu membutuhkan pekerja yang berkopeten di bidang yang kamu buat.

Ini akan lebih mudah, dan kamu akan mendapatkan orang yang sefrekuensi dengan kamu karena followersmu adalah cerminan kamu dengan wujud orang lain, karena mereka memiliki ketertarikan yang sama dengan kamu.

Lebih Mudah Mendapatkan Relasi

Percaya deh, diluar sana akan banyak sekali orang yang tertarik untuk kerja sama dengan kamu jika kamu memiliki akun medsos yang sudah massive dengan jumlah followers yang besar.

BACA JUGA:  Ini Cara Bikin Tim Kerja Bisa Saling Belajar

Kamu tidak usah capek-capek mencari, terkadang mereka akan datang sendiri dan menawarkan diri untuk kolaborasi. Disinilah salah satu pentingnya memiliki akun medsos dengan followers yang banyak.

Setidaknya orang akan lebih percaya kepada kamu, dengan melihat akun media yang sudah kamu buat.

Dan kita sama-sama tau salah satu cara agar bisnis kita bertumbuh adalah dengan kuatnya jaringan relasi yang kita punya.

See? Bukan cuma modal yang bisa kamu dapatkan, malah kamu bisa mendapatkan kemudahan, relasi, dan karyawan untuk bisnis model yang kamu buat.

Jika kamu tidak memiliki modal untuk membangun usaha maka menulislah buatlah konten di akun medsosmu.

Jika kamu tidak memiliki relasi yang banyak maka menulislah buatlah konten di akun medsosmu.

Jika kamu tidak memiliki kekuasaan maka menulislah buatlah konten di akun medsosmu.

Semoga bermanfaat ya, Sobat!

Komentarin Lewat Facebook
- Advertisement -