Ini Cara Bikin Tim Kerja Bisa Saling Belajar

96
Trik Membuat Tim Kerja Bisa Saling Belajar
- Advertisement -

RINTISANSTARTUP.com — Tim kerja yang ideal adalah, tiap karyawan bisa saling belajar dan saling melengkapi satu sama lain. Demikian, tim bisa bekerja dengan efisien dan efektif. Sayangnya, menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif untuk itu tidaklah mudah.

Pakar karier dan sumber daya manusia Kelly Palmer dan David Blake pun menuliskan strategi menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif seperti dikutip Harvard Business Review.

Karyawan Profesional

Pastikan karyawan yang sudah ada atau akan direkrut memang bisa diandalkan. Karyawan ini biasanya haus ilmu baru dan tertantang mendapat apa yang belum ia raih. Demikian, tiap hari, mereka bisa mendapat ilmu baru.

Menunjuk Fasilitator

- Advertisement -

Struktur metode pembelajaraan bersama ini bukan sebuah hierarki. Meski begitu, bukan berarti tak butuh manajer atau pemimpin yang bertugas sebagai fasilitator. Manajer bisa berfungsi sebagai mediator yang memastikan semuanya bisa berjalan lancar.

BACA JUGA:  Inilah Faktor yang Menyebabkan Kita Gagal Berinvestasi

“Orang ini harus memiliki keterampilan organisasi serta bisa menjaga aura pembelajaran untuk tetap positif dan menyenangkan. Dia juga harus bisa menjadi tempat bertanya dan mencari pengetahuan baru,” sebut David.

Bangun Lingkungan Aman

Sistem pembelajaran bisa efektif bila seluruh partisipan dapat membagi pengalaman, buah pikiran, dan ide dengan baik. Karyawan harus memiliki pribadi yang terbuka dan mampu menerima saran dan kritik.

“Cara membangunnya, buat peraturan yang jelas. Misalnya, cara memberi umpan balik atau saran. Saran harus disampaikan dengan nada, bahasa dan gerak tubuh sopan. Semua partisipan juga harus menunjukkan rasa empati sehingga tak membuat orang lain malu atau merasa direndahkan,” saran Kelly.

BACA JUGA:  Mulai Bisnis Startup dengan 4 Jurus Ini

Fokus pada Situasi Nyata

Sebisa mungkin, Kelly menyarankan, fokus pada penyelesaian masalah. Seluruh anggota tim harus bisa berpartisipasi, belajar dan mengingat keterampilan apapun yang diajarkan rekannya.

Memberdayakan Jaringan Pertemanan (Networking)

Sistem pembelajaran peer-to-peer ini juga bisa menjadi awal bagi pembelajaran secara online. Kamu bisa mengelompokkan pelajaran atau keterampilan yang bisa didiskusikan secara lebih lanjut dengan melibatkan profesional atau pakar.

“Pastikan topik atau tema bisa diselesaikan dan dibahas,” pungkas Kelly.

Semoga bermanfaat ya, Sobat!

Komentarin Lewat Facebook
- Advertisement -