Kamu Generasi Millennialis? Yuk Coba 5 Potensi Bisnis Ini

271
Potensi Bisnis Generasi Millennialis
- Advertisement -

RINTISANSTARTUP.com — Berdasarkan statistik, ternyata penduduk Indonesia didominasi oleh anak muda. Sebanyak 50% penduduk Indonesia berusia di bawah 30 tahun. Dan mereka inilah yang sering disebut dengan Generasi Millennials.

Kalau kita bicara bisnis artinya kita bicara tentang kesempatan. Mereka yang berhasil di dunia bisnis adalah mereka yang bisa memanfaatkan kesempatan. Seringkali bisnis yang dulu kita anggap sukses, hari ini belum tentu sukses. Mengapa? Karena kesempatannya sudah berakhir.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia dengan sekitar 260 juta jiwa. Jumlah ini tentunya adalah pasar yang sangat besar.

- Advertisement -

Siapa Generasi Millennials dan dimana mereka saat ini?

– Generasi Millennials adalah mereka yang lahir antara tahun 1981-1997 atau ada juga yang menyebutkan hingga kelahiran tahun 2000.

– Mereka yang saat kecil sudah mulai mengenal teknologi, seperti handphone, internet dan gadget canggih lainnya.

– Mereka lebih memilih ponsel mereka daripada menonton televisi.

– Mereka hampir dipastikan mempunyai minimal 1 akun email.

BACA JUGA:  Ini Cara Bikin Tim Kerja Bisa Saling Belajar

– Teknologi bukan lagi sebagai alat, tapi sudah menjadi “perpanjangan” tubuh mereka

– Mereka adalah generasi yang senang bergaul (networking)

– Mereka terbuka dan ekspresif

– Sebagian mereka mengalami masa transisi dari analog menjadi digital

Dimana mereka saat ini ? Kita akan mudah menemukan mereka di Media Sosial, seperti Instagram, Facebook, LINE dan sejenisnya.

Dari data-data diatas sudah dapat melihat peluang bisnis yang menjanjikan? Yup, Generasi Millennials adalah pasar yang sangat besar di Indonesia.

Generasi Serba Instan Justru Memberi Lebih Banyak Ide dan Peluang

Generasi millennials adalah generasi serba instan yang ingin lebih bebas dalam mengekspresikan diri. Termasuk, dalam pilihan profesi. Itulah sebabnya, sulit bagi mereka bekerja dengan penentuan jam kerja.

Berdasarkan riset yang dilakukan Bentley University, 77 persen Generasi Millennials percaya bahwa dengan jam kerja yang lebih fleksibel, mereka akan lebih produktif dalam bekerja.

Di balik pesatnya perkembangan dunia bisnis adalah teknologi. Inilah yang mendorong munculnya ide-ide bisnis baru yang kebanyakan berasal dari ide Generasi Millennials.

BACA JUGA:  Rahasia Sukses Nadiem Makarim di Bisnis GoJek

Berikut 5 potensi bisnis yang cocok untuk Generasi Millennials:

1. Bisnis Startup

Bisnis Startup

Hadirnya bisnis ini turut mengubah aktivitas sehari-hari. Bisnis jual beli, misalnya, sudah bisa dilakukan lewat media sosial. Bisnis ini ada yang bergerak di dunia produksi, pemasaran, ataupun sosial. Terlihat bisnis ini tidak terlalu profitable, namun jika ditekuni memiliki peluang bisnis yang menjanjikan.

2. Bisnis Afiliasi

Bisnis Afiliasi

Bisnis ini adalah kerjasama antar-pemilik bisnis online dan blogger untuk membantu memasarkan barang yang dijual online shop. Orang-orang yang bekerja di dunia internet, seperti blogger, vlogger, ataupun youtuber, biasanya memanfaatkan afiliasi untuk mendapatkan uang.

3. Bisnis Food and Beverages

Bisnis Food and Beverage

Kafe dulunya hanya dikunjungi sebagai tempat makan semata, bahkan coffee shop pun dahulu menjadi tempat yang kurang familiar untuk dikunjungi oleh banyak orang. Kini, kafe atau coffee shop sudah menjadi tempat nongkrong hits anak muda.

Karena bisnis ini sangat ketat, maka pemilik kafe harus pintar menyediakan kebutuhan kaum millennials. Jika mampu memadukan cita rasa, konsep, dan fasilitas, bisnis f&b akan membuahkan hasil memuaskan.

4. Bisnis Fashion Online

Bisnis Fashion Online

Bisnis online dapat dikatakan paling digemari Kaum Millennials. Mode dan gaya berbusana merupakan hal yang erat dengan mereka, apalagi dalam era informasi dimana tren akan lebih cepat mejadi viral karena kemudahan dalam mengaksesnya.

BACA JUGA:  Dapat Keuntungan Menggiurkan dari Bisnis Sepatu Bekas Original? Begini Caranya

Dari tahun ke tahun, jumlah pemilik bisnis online khususnya fashion semakin bertambah. Persaingan di bisnis online ini sangat ketat, jadi jika ingin menggelutinya harus jeli dan mampu mengamati kebutuhan pasar lebih dulu sebelum akhirnya resmi terjun ke dunia bisnis.

5. Bisnis Fotografi

Bisnis Fotografi

Dengan modal yang minim, bisa menggeluti bisnis ini. Hanya bermodalkan kamera, bisa meraup keuntungan yang tidak sedikit. Apalagi, saat ini, makin banyak orang yang ingin mengabadikan setiap momentum secara visual berupa gambar yang menakjubkan.

Intinya, apapun bisnis yang akan dipilih nanti, tanpa hadirnya teknologi tak akan bergerak cepat. Agar bisnis berkembang dan mendatangkan keuntungan maksimal, sebaiknya memanfaatkan teknologi sebaik mungkin.

Entah itu untuk menciptakan inovasi, memperbaiki produksi, hingga pemasaran dari bisnis.

Semoga bermanfaat ya, Sobat!

Komentarin Lewat Facebook
- Advertisement -