Kamu Merasa Jenuh Pimpin Bisnis Kamu? Coba Lakukan 6 Tips Ini

Jika kamu adalah seorang pemimpin, tentu keadaan ini tidak bisa dibiarkan berlarut – larut.

32
Kejenuhan saat Menjalankan Bisnis
- Advertisement -

RINTISANSTARTUP.com — Dalam mengarungi dunia bisnis yang begitu cepat berputar, pasti akan terjadi rutinitas yang sangat membosankan. Bukan hanya karyawan atau pegawai yang mengalami kebosanan dalam rutinitas pekerjaan.

Namun jangan salah pemimpin sebuah bisnis atau perusahaan pun juga pasti mengalami kejenuhan ketika mencapai titik tertentu. Dan keadaan ini kejenuhan pemimpin ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah bisnis.

Jika kamu adalah seorang pemimpin, tentu keadaan ini tidak bisa dibiarkan berlarut – larut. Kamu harus segera bisa mengatasi kejenuhan dalam memimpin sebuah bisnis. Maka jika kamu merasa pada suatu titik dimana kamu mengalami kebuntuan dan kejenuhan yang teramat sangat, maka cobalah beberapa tips di bawah ini.

1. Tingkatkan Motivasi Diri

- Advertisement -

Bagi seorang pemimpin bisnis atau perusahaan, selain kamu harus mahir memotivasi karyawan kamu juga harus bisa memotivasi diri kamu. Bagaimana cara memotivasi diri kamu sebagai seorang pemimpin, cobalah dengan membuat catatan sederhana hal – hal yang bisa meningkatkan #motivasi kamu dan hal yang mungkin melemahkan motivasi kamu.

BACA JUGA:  Plus Minus Investasi Logam Mulia

Coretlah atau hapus poin – poin yang tadi kamu masukkan dalam daftar yang membuat motivasi kamu menurun. Hal sederhana ini akan sedikit membantu merefresh semangat kamu dan meningkatkan motivasi dalam alam bawah sadar kamu untuk selalu memotivasi diri setiap saat.

2. Komitmen Tujuan

Tentu bukan hanya keuntungan finansial yang ingin kamu dapatkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Perlu kamu ingat bahwa ada tujuan yang lebih mulia dari pada itu, mensejahterakan bawahan kamu dan membawanya kepada tataran ekonomi yang lebih baik bisa kamu jadikan sebagai penyegar dalam mengatasi kejenuhan yang kamu hadapi. Tujuan yang lebih besar bisa juga bisa membuat motivasi kamu lebih tinggi yang pada akhirnya bisa mengeliminasi kejenuhan yang sedang melekat padamu.

3. Proritas Kebahagiaan

Jangan lupa selalu utamakan kebahagiaan dalam bekerja untuk merdeuksi kejenuhan dalam memimpin sebuah perusahaan. Jangan hanya memikirkan kebahagiaan kamu sendiri, namun keluarga juga harus kamu bahagiakan.

BACA JUGA:  Hal Penting Bagi Pemula yang Ingin Merintis Startup Bidang Digital!

Lebih dari itu kelompok kerja atau karyawan serta bawahan kamu juga harus menjadi prioritas kamu dalam memimpin sebuah perusahaan atau bisnis. Kebahagiaan yang stabil dalam sebuah perusahaan akan dengan sendirinya lebih bisa survive dan berkembang secara alamiah.

4. Jangan Lupa Kesejahteraan

Sangat penting kesejahteraan dala menjalankan roda bisnis kamu. Jangan melupakan kesejahteraan kamu sendiri. Kesejahteraan bagi bawahan sangat penting, namun kamu sebagai pimpinan juga harus mendapatkan apresiasi berupa kesejahteraan yang cukup atas apa yang telah kamu lakukan.

Jadi jangan sampai melupakan poin ini, karena hal ini jika diabaikan akan sangat berpengaruh terhadap prioritas kebahagiaan yang nantinya pasti akan mengakibatkan kejenuhan kamu dalam memimpin sebuah bisnis.

5. Refreshing

Sangat dianjurkan untuk siapa saja yang sedang mengalami kejenuhan yang luar biasa. Dalam sebuah bisnis, akan sangat sempurna jika seorang pemimpin bisa bersantai bersama dalam keadaan tidak pada situasi yang formal. Situasi santai dimana seorang pimpinan dan bawahan duduk bersama menikmati suasana tanpa gap. Sangat membantu menghilangkan kejenuhan baik dari pimpinan maupun bawahan itu sendiri.

BACA JUGA:  Bosan Jadi Karyawan? Ini Tips Memulai Usaha Sendiri

Tidak perlu mahal, yang penting adalah pimpinan dan bawahan bisa berinteraksi namun dalam situasi non formal. Bisa sekedar bermain futsal bersama, bulutangkis atau apapun yang bisa dikerjakan bersama yang tidak ada hubungannya dengan rutinias pekerjaan.

6. Obrolan Ringan dengan Bawahan

Jangan remehkan hal ini, obrolan ringan dengan bawahan harus selalu kamu lakukan dalam memimpin sebuah perusahaan atau bisnis. Sekedar bertanya kabar bawahan kamu, keluarga nya atau pun orang terdekat nya bisa sangat membantu meringankan kebosanan yang tengah kamu alami.

Banyak manfaat yang bisa kamu ambil ketika melakukan hal ini. Pertama yang pasti kamu bisa lebih dekat dengan karyawan, kamu juga bisa mendapatkan banyak ide atau terobosan yang mungkin keluar dari obrolan ringan yang kamu lakukan dengan bawahan kamu.

Demikianlah beberapa tips yang bisa membantu dalam mengatasi kejenuhan yang tengah melekat padamu dalam menahkodai sebuah bisnis.

Semoga bermanfaat ya, Sobat!

 

Komentarin Lewat Facebook
- Advertisement -