Cerdas Memaksimalkan Facebook untuk Bisnis

Menurut Asia Social Commerce Report, Instagram dan Facebook adalah dua media sosial yang paling banyak dipakai para pedagang di Indonesia untuk promosi.

105
Facebook
- Advertisement -

RINTISANSTARTUP.com — Media sosial kini sudah tidak lagi hanya menjadi alat untuk berkomunikasi. Lebih dari itu, kini media sosial menjelma menjadi alat pemasaran yang ampuh untuk pentrasi ke pasar yang sesuai dengan bidikan bisnis.

Menurut Asia Social Commerce Report, Instagram dan Facebook adalah dua media sosial yang paling banyak dipakai para pedagang di Indonesia untuk promosi. Bila kamu juga ingin memanfaatkan Facebook untuk bisnis, ini kiatnya dari Femina.

Fanpage atau Laman Penggemar

Fitur ini berfungsi sebagai etalase produk. Maka, cantumkan informasi bisnis yang terperinci mulai dari nomor telepon, hingga akses pesan private. Selain itu, unggah konten tiap hari untuk menarik konsumen dan pantau pergerakan promosinya.

BACA JUGA:  Ribuan Anak Muda Hadiri Digital Startup Connect 2018
- Advertisement -

Laman bisnis ini bisa menampung 100 ribu follower. Hasil penelitian Marketing Assasin 2016 menunjukkan, alasan seseorang like sebuah fanpage akun bisnis adalah karena diskon 40%.

Ads atau Iklan

Iklan bertujuan meningkatkan brand awareness atau local awareness. Melalui iklan, kamu bisa mengunggah katalog produk sekaligus mempromosikannya pada audiens. Ketika akan beriklan, atur bidikan agar sesuai dengan bidikan yang kamu mau.

Iklan di Facebook dengan harga terendah bisa mulai dari Rp50 ribu per minggu.

Foto

Kekuatan Facebook adalah narasi yang memikat. Buat narasi yang menggambarkan produk sekaligus bubuhi cerita yang menarik dan menggugah emosi calon konsumen. Setelahnya, berikan foto yang bagus.

Video 

Lebih dari 100 juta jam video ditonton di Facebook tiap hari dan 43% menikmati video promosi. Artinya, kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas melalui video yang menarik.

BACA JUGA:  Mau Beriklan Online Untuk Bisnis Kamu? Hindari 3 Kesalahan Ini

Untuk beriklan dengan video di Facebook disarankan konten video memiliki durasi kurang lebih 15 detik. Jadi, buat konten video yang mudah dicerna dan selalu menampilkan keterangan.

Statistik Kinerja

Pada fitur fanpage, kamu bisa melihat metrik aktivitas secara real time. Mulai dari analisis aktivitas, pertumbuhan audiens, banyak pengunjung, kinerja iklan, hingga tren viral.

Dari analisis demografi, kamu bisa mengetahui persentase jenis kelamin yang mengikuti fanpage, rentang usia, lokasi hingga latar belakang pendidikan. Demikian, kamu bisa menyusun strategi meningkatkan brand awareness, mengunjungi situs, hingga mendorong pembelian produk.

Semoga bermanfaat ya, Sobat!

Komentarin Lewat Facebook
- Advertisement -