Rahasia Agar Kamu Bisa Semangat Setiap Hari Dalam Menjalani Hari-Hari

142
Rahasia Agar Kamu Bisa Semangat Setiap Hari Dalam Menjalani Hari-Hari
- Advertisement -

RINTISANSTARTUP.com — Beberapa saat yang lalu ada sobat Rintisan Startup tanya begini: Min, gimana sih caranya biar tetep semangat terus dalam menjalani usaha ataupun karir?.”

Jawabannya adalah Kamu harus memiliki Tujuan!

Kamu harus punya tujuan, agar kamu bisa semangat terus setiap harinya. Kalo kamu gak punya tujuan. Ketika kamu jenuh, malas, dan cape. Kamu akan berhenti dan bingung mau ngapain.

- Advertisement -

Disinilah pentingnya tujuan! Kalo Rintisan Startup sendiri membagi tujuan menjadi beberapa bagian, yaitu:

Tujuan jangka panjang atau tujuan besar

Tujuan jangka panjang ini adalah tujuan besar dari hidup kamu yang sifatnya kaku dan tidak bisa di rubah. Misalkan contohnya tujuan jangka panjang kamu adalah ingin masuk surga. Ini adalah tujuan harga mati yang tidak dapat dirubah.

Tujuan jangka menengah

Untuk tujuan jangka menengah dan jangka pendek ini tujuan yg sifatnya masih fleksibel, masih bisa berubah jika situasi dan kondisinya tidak memungkinkan.

BACA JUGA:  Mentalitas Sepeda Ala BJ Habibie

Contoh tujuan jangka menengah, karena tujuan besarnya masuk surga berarti kan harus punya amal kebaikan, berarti tujuan jangka menengahnya misalkan membangun pondok pesantren dan panti asuhan. Hanya contoh ini bisa dirubah sesuai kebutuhan kamu.

Tujuan jangka pendek

Kemudian untuk tujuan jangka pendeknya, berarti harus searah dengan tujuan jangka menengah, jika kamu ingin membangun pondok pesantren dan panti asuhan berarti kamu harus punya rekan atau relasi yang lulusan pondok, dan membangun pondok pesantren berarti harus punya banyak uang juga, berarti kamu harus menjadi seorang entrepreneur.

Setelah itu kamu break down lagi sampai ke keadaan kamu saat ini. Apa yang bisa kamu lakukan untuk bisa menuju tujuan jangka pendek itu?

BACA JUGA:  Kamu Generasi Millennialis? Yuk Coba 5 Potensi Bisnis Ini

Misalkan kamu bisa mulai dari membaca buku kewirausahaan, ikut komunitas kewirausahaan, ikut taklim atau pengajian, mulai belajar jualan, mulai menjadi reseller, dan seterusnya.

Kasih target misalkan dalam jangka waktu satu tahun dari sekarang, saya harus sudah memiliki bisnis saya sendiri. Break down lagi setiap bulannya apa saja yang harus kamu lakukan, kemudian break down lagi setiap minggunya apa saja yang harus kamu lakukan, kemudai break down lagi setiap hari setiap jamnya apa yang harus kamu lakukan.

Sesuaikan dengan kondisi kamu saat ini. Dari sini setiap bulannya kamu akan memiliki goal atau tujuan, bahkan setiap minggu dan setiap harinya kamu akan memiliki tujuan. Jadi gak ada waktu untuk leha-leha dan membuang banyak waktu.

BACA JUGA:  Sebelum Menyesal, Rancang Prioritasmu Sekarang!

Yang penting adalah kamu memulai dulu. Ingat ini, “start where you are, use what you have, do what you can.” Jangan pernah mengeluh saya gak punya ini, saya gak punya itu, saya gak punya waktu, saya kan gaptek, dan semua keluhan yang membuatmu semakin terpuruk.

Buang jauh-jauh itu!

Coba kamu tuliskan itu diselembar kertas timeline tujuan jangka panjang, tujuan menengah dan tujuan jangka pendekmu. Kalo kamu udah bisa menjabarkan itu dalam selembar kertas. Kamu akan selalu semangat setiap harinya!

Kamu akan selalu ingat apa tugasmu yang harus kamu lakukan setiap hari!

Semoga bermanfaat ya, Sobat! Share tulisan ini ke taman, sahabat, saudara yang sefrekuensi dengan kamu!

Komentarin Lewat Facebook
- Advertisement -