Untuk Apa Saya Membangun Akun Media Sosial?

Kunci sukses dalam membangun akun media adalah Konten dan Konsisten.

163
- Advertisement -

RINTISANSTARTUP.com — Hallo teman-teman, apa kabar? tetap sehat dan semangat ya.
Gak terasa tahun sudah mulai berganti. Isi sosial media mulai banyak dipadati postingan resolusi tahunan. Ada juga yang review kegiatan/pencapaian apa saja yang sudah dilakukan di tahun sebelumnya.

Tidak ada yang salah dengan itu. Membuat resolusi setiap tahun menjadi sebuah kebiasaan saya juga dari dulu. Walau beberapa resolusi gak selalu semuanya tercapai. Itu tidak menyulutkan niat saya untuk melakukannya terus-menerus setiap tahunnya.

Bagi saya, resolusi ini adalah seperti impian yang akan menjadi kenyataan jika kita melaksanakannya dengan sungguh-sungguh. Salah satu resolusi saya di tahun 2018 adalah bisa mendapatkan 50k followers untuk akun @rintisanstartup dan menjadikannya sebagai sebuah usaha/bisnis.

- Advertisement -

Alhamdulillah, Allah mendenger dan menjawab doa saya. Hari ini saya memiliki akun media @rintisanstartup dan @foodnusantara.id yang masing-masing dari keduanya sudah terbentuk tim juga didalamnya.

Kalo 2018 adalah tahun perjuangan saya dalam membangun audience saya di instagram. Tahun 2019 adalah tahun saya untuk memperluas jaringan ke media sosial lainnya. Dan memperbanyak kerja sama dengan konten kreator lainnya. Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi saya.

BACA JUGA:  Rex Marindo Beberkan Rahasia di Balik Warunk Upnormal

Oke, saya ingin berbagi sedikit alasan kenapa saya memulai semua ini (membuat akun media). Saya rasa masih banyak diantara teman-teman yang masih belum “ngeh” pentingnya akun media untuk pertumbuhan bisnis, relasi, ataupun kebutuhan kamu dalam dunia pekerja.

Atau mungkin kamu sudah mulai “ngeh” tapi bingung mau mulainya dari mana? Dan caranya seperti apa?

Cara terbaik untuk memulai membuat akun media adalah mulai dari apa yang kamu suka. Pilih satu bidang yang sangat kamu suka. Kemudian kamu mulai buat akun mediamu. Istilah lainnya adalah mulai dengan Passion. Alasannya adalah karena kamu akan menjalani proses yang sangat panjang.

Untuk apa saya membangun Akun Media?

Untuk wadah calon customer kamu. Untuk mendapatkan integritas dari para netizen di dunia maya. Untuk memperluas jaringan relasi kamu. Dan untuk memperlancar bisnis kamu. Untuk personal branding kamu. Untuk portofolio diri kamu.

Seorang pengusaha yang memiliki akun media dengan followers yang banyak akan terlihat berbeda dengan seorang pengusaha yang hanya memiliki akun jualan dengan followers yang relatif sedikit dan pasif. Karena faktanya para warganet tidak terlalu suka akun jualan. Akun jualan terkesan kaku, dan terlalu hardselling.

BACA JUGA:  Coba Tips Ini! Youtube akan Bayar Kamu Jutaan Dollar

Jika kamu memiliki akun media, dengan otomatis kamu bisa mempromosikan akun jualan kamu secara gratis di akun mediamu sendiri.

Caranya seperti apa?

Mengutip dari quotesnya Dewa Eka Prayoga “Sharing-sharing dahulu, Selling-selling kemudian”. Nah, caranya adalah dengan sharing, berbagi, memberi, bercerita, kepada audience/followers kamu. Lakukan setiap hari.

Kunci sukses dalam membangun akun media adalah Konten dan Konsisten.

Buat konten yang bagus, lakukan secara konsisten. Konten yang bagus itu seperti apa? Konten yang bisa mengundang banyak interaksi, dan bermanfaat bagi orang lain. Sehingga kontenmu bisa dibagikan ke lebih banyak orang.

Konsisten itu seperti apa? Konsisten itu gak berhenti sampai kamu berhasil.

Ujian!

Ujian untuk kamu yang baru mulai membuat akun media adalah ujian kesabaran. Kesabaran mendapatkan like dan komen yang banyak, dan kesabaran mendapatkan followers yang banyak.

Biasanya mereka ingin instan langsung rame.

Pengalaman saya dan rekan-rekan lain dalam membangun akun media, mendapatkan 100 followers pertama lebih sulit dibandingkan mendapatkan 15k followers setelah menyentuh angka 10k followers. Nah loh, bingung-bingung dah. Hehehe

Jadi, pada intinya pertumbuhan followersmu akan lebih sulit diawal-awal kamu membangun akun media. Setelah kamu mendapatkan 1000 followers kesulitan itu akan sedikit berkurang, benar-benar sedikit karena nyatanya masih di tahap sulit sampai kamu berhasil menyentuk angka 10k followers.

BACA JUGA:  Bosan Jadi Karyawan? Ini Tips Memulai Usaha Sendiri

Disinilah proses eliminasi dimulai. Banyak teman-teman yang menyerah di tahap ini.

Aset Digital

Akun media juga bisa menjadi aset digital kamu. Ingat! Aset adalah segala bentuk apapun yang bisa mengantarkan uang kedalam kantong kamu.

Jika media kamu sudah besar kamu bisa membentuk tim dan menjalankan akun media kamu secara autopilot. Kamu cukup membuat sistemnya. Dan akun media kamu akan menjadi passive income kamu.

Jadi, kamu bisa lebih serius lagi mengurusi bisnis kamu.

Gimana? Mulai kebayang pentingnya akun media untuk pertumbuhan karir dan bisnis kamu?

Jika ada pertanyaan mengenai membangun aset digital atau membangun akun media, kamu bisa langsung DM ke akun @rintisanstartup .

Atau jika kamu ingin tahu lebih dalam behind story dari akun @rintisanstartup kamu bisa follow akun pribadi saya di @gilang.romadhonn saya akan berbagi bagaimana proses perjalanan membangun @rintisanstartup disana dan bagaimana masa depan creator akun media kedepannya.

Semoga bermanfaat ya, Sobat!

Komentarin Lewat Facebook
- Advertisement -